14 May, 2011

SAFETY TIPS - TIP KESELAMATAN

Sebelum mulai menggunakan senjata (apapun jenisnya), selalu ingat tip-tip berikut ini untuk keselamatan anda dan orang sekitar anda.

1. SELALU ANGGAP SENJATA YANG ANDA PEGANG ADA PELURU DAN SIAP TEMBAK.
ALWAYS TREAT YOUR GUN AS LOADED GUN.
Meskipun anda yakin senjata anda baru keluar dari kotaknya atau baru anda bersihkan, selalu anggap senjata anda terisi peluru dan siap tembak, ini membuat anda lebih hati-hati dalam menggunakannya.
Tidak tertutup kemungkinan orang lain mengisi atau anda lupa mengeluarkan peluru atau salah menghitung jumlah peluru yang tertinggal di magazin setelah tembakan terakhir.

2. JANGAN MENODONGKAN SENJATA ANDA PADA ORANG, SELALU TODONG SENJATA ANDA PADA ARAH YANG AMAN.
NEVER POINT YOUR GUN TO SOMEONE, POINT YOUR GUN TO SAFE DIRECTION.
Jangan menodongkan / mengarahkan senjata anda pada orang sekitar anda atau diri anda sendiri baik disengaja maupun tidak, selalu arahkan senjata anda pada arah yang aman, yang tidak ada orang sekitar atau arahkan senjata anda pada permukaan tanah. Jika anda membersihkan senjata anda selalu arahkan senjata anda pada arah yang aman.

3. JAUHKAN JARI TANGAN ANDA DARI PELATUK SENJATA, HANYA POSISIKAN JARI TANGAN DANDA DI PELATUK JIKA ANDA SIAP MENEMBAK.
KEEP FINGER OFF THE TRIGGER UNTIL READY TO SHOOT.
Hindari memegang senjata anda dengan jari tangan di pelatuk senjata, beberapa senjata memiliki pelatuk yang sangat sensitif (hairy trigger), juga pelatuk senjata dalam keadaan terkokang lebih mudah mudah ditembakan dari pada yang belum terkokang. Juga jika anda berlari atau berguling/jatuh dengan posisi jari tangan di pelatuk, kemungkinan senjata anda meledak dan menembakkan peluru lebih besar dibandingkan jika jari tangan anda tidak di posisi pelatuk.

4. PASTIKAN SASARAN ANDA DAN LINGKUNGAN SEKITARNYA
KNOW YOUR TARGET AND WHAT IS BEYOND.
Pastikan sasaran anda sebelum anda menembak, lihat lingkungan sekitar sasaran anda.
Kalkulasikan jika anda meleset peluru yang anda tembakkan tidak akan mengenai orang sekitar anda.

5.  POSISIKAN SENJATA ANDA DALAM POSISI TERKUNCI / AMAN SETIAP ANDA SELESAI MENEMBAK ATAU BERISTIRAHAT.
PUT YOUR GUN BACK TO SAFETY FIRING POSITION WHEN YOU TAKE A BREAK OR FINISHED.
Selalu kembali ke posisi kunci/aman setelah anda selesai menembak, beristirahat, berganti posisi atau berjalan ke sasaran berikut, atau memberikan senjata anda pada orang berikutnya. Dan ingat point 2 saat anda memberikan senjata pada orang lain.

6. GUNAKAN KACAMATA DAN TUTUP KUPING UNTUK KESELAMATAN.
USE SAFETY GLASSES AND EAR PROTECTION.
Jika anda serius dengan hobby ini, sebaiknya anda menyisihkan dana untuk kacamata dan tutup kuping.
Bahaya dari pantulan projektil / peluru (sangat sering pada jenis BB) atau pecahan dari sasaran anda (richocet) dapat membahayakan mata anda. Dan meskipun pistol angin menghasilkan suara ledakan yang relatih lebih rendah daripada senjata api asli, menembak dan mendengarkan bunyi ledakan terus menerus dapat membuat telinga anda letih.

Tip ini bukan untuk menggurui anda, tapi adalah untuk keselamatan bersama dan membuat acara menembak anda lebih aman dan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment